22 April 2024
Penindasan Palestina Tidak Bisa Selesai Hanya Dengan Kecaman
63 / 100

Dimensi.id-Kembali kita menyaksikan keberanian para pemuda muslim, khususnya Hamas, dalam berjihad melawan kaum Yahudi yang sudah lama menjajah di Palestina. Hamas meluncurkan 5000 roket ditembakkan dari Gaza ke Israel. Tentu saja serangan Hamas yang mendadak ini memakan banyak korban di pihak Yahudi (Israel). Ratusan Yahudi khususnya para tentara mereka, terbunuh. Ratusan lainnya terluka.

Serangan ini menimbulkan kemarahan besar dipihak Israel. Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu bersumpah akan melakukan pembalasan. Hal ini sesuai berita yang dilansir oleh detik.sulsel pada tanggal 09 Oktober 2023 bahwa Konflik antara Hamas dan Israel semakin memanas. Israel secara resmi telah mengumumkan akan melakukan pembalasan dan bersiap untuk berperang melawan Hamas.

Dilansir detikNews yang mengutip CNN, pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Netanyahu menyebut dirinya telah bersumpah akan melakukan pembalasan dan memperingatkan bahwa negaranya akan melakukan aksi balas dendam yang besar serta bersiap untuk perang yang panjang dan sulit. Dia juga mendesak warga sipil Palestina yang tinggal di Gaza untuk segera meninggalkan daerah tersebut.

Pada Minggu, (8/10/2023) waktu setempat, terlihat beberapa tank dan personel bergerak ke wilayah perbatasan Israel-Gaza. Aksi ini merupakan agenda yang dilakukan Israel usai Hamas meluncurkan serangan mendadak yang telah menewaskan lebih dari 700 warga Israel. Hamas telah meluncurkan ribuan roket dari Jalur Gaza ke Israel pada Sabtu (7/10). Hamas melakukan serangan langsung ke beberapa lokasi di Israel, termasuk Tel Aviv.

Namun demikian, seperti biasa, pembalasan Israel jauh lebih besar dan lebih brutal. Mereka membabi-buta menyerang warga Palestina. Dilansir Republika.co.id yang mengutip Aljazirah, Israel pada hari Kamis (12/10/2023), mengatakan telah menjatuhkan 6.000 bom seberat 4.000 ton di Gaza dalam enam hari terakhir, menewaskan lebih dari 1.400 orang. Kemungkinan besar jumlah korban dari pihak Palestina akan terus bertambah.

Dari konflik ini ada sederet negara yang secara terang-terang mendukung Israel yaitu Amerika, Inggris, Prancis, jerman dan Australia. Tetapi di sisi lain, seperti biasa, tak ada sama sekali bantuan militer dari negara-negara Arab dan Islam untuk membantu kaum Muslim Palestina. Seperti biasa pula, para penguasa Arab dan Islam memilih menjadi pengecut. Mereka hanya berani mengecam. Paling banter mereka hanya menyerukan agar kedua pihak saling menghentikan serangan. Pada saat yang sama, ratusan ribu bahkan jutaan tentara mereka tetap mereka biarkan “menganggur” di barak-barak mereka.

Mengapa Kita Harus Membela Palestina?

Tanah Palestina milik umat Islam. Palestina adalah bagian dari negeri Syam. Syam tidak bisa dipisahkan dari ajaran Islam. Syam adalah negeri yang terdiri dari Suriah, Yordania, Libanon dan Palestina (termasuk yang diduduki Israel) saat ini. Rasulullah SAW. memberikan banyak pujian pada negeri Syam. Di antaranya:

“Keberuntungan bagi penduduk Syam,” Kami bertanya, “Karena apa, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Karena para malaikat membentangkan sayap-sayapnya kepada mereka (penduduk Syam).” (HR at-Tirmidzi).

Syam juga adalah negeri para nabi. Rasulullah SAW. pernah bersabda, “Para nabi tinggal di Syam. Tidak ada sejengkal pun Kota Baitul Maqdis kecuali seorang nabi atau malaikat pernah berdoa atau berdiri di sana.” (HR at-Tirmidzi).

Sebagai bagian dari negeri Syam, di Palestina juga terdapat Masjid al-Aqsha. Masjid ini merupakan kiblat pertama kaum Muslim dan tempat singgah perjalanan Isra Mi’raj nabi Muhammad, SAW. Wilayah di sekitarnya juga tempat yang Allah berkahi. Terkait keutamaan Masjid al-Aqsha, Rasulullah saw. bersabda, “Datangilah Masjid al-Aqsha. Lalu shalatlah di dalamnya karena sungguh shalat di sana seperti seribu kali shalat di tempat lain.” (HR Ahmad).

Rasulullah SAW. pun bersabda, “Sekali salat di Masjid al-Haram sama dengan 100.000 salat. Sekali salat di Masjidku (di Madinah) sama dengan 1.000 salat. Sekali salat di Masjid al-Aqsha sama dengan 500 salat.” (HR ath-Thabrani).

Masjid al-Aqsha adalah tempat suci ketiga bagi umat Islam dan satu dari tiga masjid yang Rasulullah SAW. rekomendasikan untuk dikunjungi. Beliau bersabda, “Tidaklah diadakan perjalanan dengan sengaja kecuali ke tiga masjid yaitu Masjidku ini (Masjid Nabawi di Madinah), Masjid al-Haram (di Makkah) dan Masjid al-Aqsha.” (HR al-Bukhari dan Muslim).

Wajib Mendukung Jihad di Palestina

Pendudukan kaum Yahudi atas Palestina bukan sekedar mengakibatkan kematian ratusan ribu warganya, tetapi juga menciptakan penderitaan yang terus-menerus yang dialami jutaan warga lainnya. Dengan demikian, masih bercokolnya kaum Yahudi Sang Penjajah inilah yang menjadi pangkal persoalan di tanah Palestina dan menyebabkan penderitaan kaum Muslim berkepanjangan.

Karena itu kaum Yahudi penjajah wajib diusir dari tanah Palestina. Mereka hanya bisa diusir dari tanah suci tersebut dengan mengerahkan pasukan militer. Allah SWT. berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 191, “Perangilah mereka di mana saja kalian menjumpai mereka dan usirlah mereka dari tempat mereka telah mengusir kalian.”

Karena itu seharusnya para penguasa Arab dan Muslim mengirimkan tentara mereka untuk membantu para mujahidin Palestina dalam mengusir pendudukan kaum Yahudi dari negara itu.

Di sisi lain, jihad (berperang melawan musuh) di jalan Allah SWT adalah amalan yang utama. Rasulullah SAW. bersabda, “Berjaga-jaga satu jam di medan perang fi sabilillah adalah lebih baik daripada menghidupkan Lailatul Qadar di dekat Hajar Aswad.” (HR Ibnu Hibban dan al-Baihaqi).

Karena itu pula, sudah sepantasnya kaum Muslim di mana pun, khususnya para perwira dan prajurit Muslim, menyambut panggilan jihad dari mana pun, termasuk dari Bumi Palestina. Tak sepantasnya mereka berdiam diri dan dan hanya mengecam. Penindasan ini tidak akan pernah selesai hanya dengan kecaman. Wallohualam bishawab.

Penulis : Ummu Umar

Apa pendapatmu?

This site uses User Verification plugin to reduce spam. See how your comment data is processed.