21 April 2024
11 / 100

Dimensi.id-Tri Rismaharini Menteri Sosial (Mensos) saat menghadiri acara “Konsolidasi Akbar Karang Taruna Kota Surabaya” di Balai Pemuda Surabaya, Minggu (10/9/2023) mendorong para pengurus Karang Taruna di seluruh Kota Surabaya, agar terlibat dalam upaya pemerintah kota dalam meningkatkan kesejahteraan sosial.

 

Risma mengaku optimistis dengan keberadaan karang taruna di Kota Pahlawan, yang bakal berdampak pada kemajuan perkembangan kondisi sosial, sebab merekalah yang sering bersinggungan dengan masyarakat. Kedekatan itulah yang diharapkan mampu untuk mencarikan solusi yang nantinya disampaikan kepada Pemkot Surabaya.

 

Alasan dipilihnya pemuda dalam proyek ini pertama karang taruna termasuk agent of change dan kedua mereka adalah calon pemimpin-pemimpin Indonesia. Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya pun menyatakan komitmen pemerintah kota yang siap memfasilitasi wadah berkumpul para karang taruna yang berjumlah lebih dari 27 ribu ini. Langkah ini dalam rangka memperingati momentum “Hari Karang Taruna” pada tanggal 26 September 2023.

 

Fuad Benardi Ketua Karang Taruna Kota Surabaya menyebut, para perwakilan karang taruna itu siap bersaing sebagai Duta Karang Taruna Kota Surabaya. Para pendaftar kemudian menjalani tahapan seleksi hingga nantinya terpilih 31 duta karang taruna. Apabila terpilih menjadi duta, tugas mereka adalah mengembangkan wilayahnya melalui program di karang taruna. Dimana salah satu materi pengembangan yang diberikan kepada para duta karang taruna, yakni kewirausahaan, “Agar teman-teman punya kegiatan yang mana akhirnya bisa lepas dari pengangguran dan menciptakan potensi ekonomi,” tutur Fuad ( suara Surabaya.net, 10/9/2023).

 

Bagaimana Indonesia Bagaimana Dunia

 

Program pemberdayaan pemuda ini bukan hal baru, tentu sudah melalui ratifikasi komitmen dari komunitas yang lebih besar, semisal ASEAN. Komunitas regional tingkat Asia ini memiliki agenda kepemudaan yang bernama ASEAN+ Youth Summit 2023 (A+YS 2023), tahun ini menghadirkan lebih dari 80 delegasi dari puluhan negara mitra, dan lebih dari 1500 masyarakat umum.

 

Co-Chairs atau ketua dari ASEAN Youth Agenda 2023, Rorian Pratyaksa berharap dengan berkumpulnya para pemuda ASEAN dan mitra kali ini bisa menjadi momen kolaborasi dalam membentuk masa depan yang berkelanjutan bagi wilayah ASEAN. Dunia tengah dihadapkan berbagai tantangan mulai dari politik, ekonomi, hingga memicu peperangan. Karenanya, generasi muda bisa berperan sesuai dengan bidangnya masing-masing untuk menyebarkan semangat positif dan memicu perdamaian wilayah.

 

Michael Victor Sianipar, ketua Indonesian Youth Diplomacy (IYD) sekaligus penggagas A+YS 2023 mengatakan bahwa aksi nyata untuk mewujudkan dunia yang damai dan berkelanjutan akan selalu bermula dari generasi muda. Menurutnya, ASEAN sebagai sebuah entitas tidak melulu berkutat pada perjanjian formal, tetapi aksi generasi muda yang peduli terhadap masa depan.

 

“A+YS 2023 adalah sebuah gaung persatuan. Bahwa kita memahami masa depan ASEAN harus bergerak bersama. ASEAN harus menjadi kekuatan untuk perdamaian. ASEAN tidak hanya sebagai epicentrum of growth, namun sekaligus menjadi pusat perdamaian global (epicentrum of global peace),” Pungkas Michael.

 

Pemerintah Indonesia juga memberikan dukungan dengan hadir melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Menpora), Menpora Dito Ariotedjo menyampaikan pesan persatuan. Menurutnya, perbedaan yang dimiliki ASEAN bukanlah penghalang. Mimpi bersama mencapai kejayaan ASEAN akan bisa dicapai di tengah perbedaan. “Saya optimis bahwa bersama-sama kita dapat merancang masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan bagi generasi kita dan generasi mendatang,”.

 

Menpora mengajak seluruh pemuda ASEAN untuk berkolaborasi mencapai agenda besar ASEAN mulai dari mewujudkan ekonomi hijau kawasan hingga masa depan pendidikan dan pekerjaan bagi generasi mendatang. Dengan semangat gotong royong ASEAN yang berarti ASEAN kolaboratif, kita dapat mewujudkan keajaiban dan kebahagiaan untuk semua orang,” pungkas Dito (cnbcindonesia.com, 11/9/2023).

 

Seluruh Keinginan Hanya Mantra Terbalut Racun Kapitalisme

 

Pemuda menjadi sasaran empuk di dunia yang kian renta sekarang ini. Pemuda menjadi salah satu harapan dunia akan perubahan. Masalahnya, perubahan yang dimaksud sangat absurd. Terlebih jika masih bersandar pada sistem terkeji hari ini, yaitu kapitalisme. Asas mendasar dari kapitalisme ini adalah manfaat, bak mantra membius dunia, kapitalisme begitu lihai mengelabui dunia terutama pemuda, idealisme mereka dibajak oleh kapitalisme ke arah bisnis dan bisnis.

 

Jargon perdamaian adalah peralihan agar hegemoni dunia barat dengan kapitalismenya tetap langgeng, sebisa mungkin kata perdamaian ini mengalihkan dari arah pandang yang benar tentang kemajuan dan perubahan itu sendiri. Kita disibukkan dengan makna damai ala mereka , padahal pencipta kerusuhan dan krisis sejatinya adalah kapitalisme sendiri.

 

Kapitalisme ingin menciptakan habitat yang aman untuk pangsa pasar produk mereka dengan memanfaatkan tenaga pemuda, seolah-oleh dengan adanya persatuan ASEAN, masing-masing negara anggota bisa mendapatkan manfaat atau kesejahteraan. Mereka berkutat pada ekonomi, merintis kemudian mengembangkannya, padahal pemuda juga punya potensi mencerdaskan umat, kedekatan yang dibangun bukan sekadar dekat.

 

Islam Nyata Menggiring Potensi Pemuda 

 

Sejatinya setiap manusia diberi tugas oleh Allah SWT sebagai Abdullah ( hamba Allah) sekaligus Khalifatullah ( pengatur dan pengurus bumi). Hal ini tak mungkin kedua amanah tersebut lahir dari rahim kapitalisme yang lagi-lagi hanya berkutat pada manfaat materi. Maka yang dibutuhkan dunia untuk terciptanya perdamaian, kesejahteraan berkelanjutan, ekonomi green dan lain sebagainya hanya Islam.

 

Tak perlu berpanjang-panjang mengulang kembali ingatan kepada masa kejayaan Islam. Kita akan terpesona pada kualitas pemuda gemblengan Islam seperti Khalid bin Walid, Thariq bin Ziyad , Zaid bin Tsabit, Muhammad Al- Fatih dan lainnya. Keilmuan dan tenaga mereka begitu tunduk khidmad kepada syariat Allah, visi misi mereka tak cukup di dunia namun akhirat juga. Wallahu a’lam bish showab. [ DMS].

Apa pendapatmu?

This site uses User Verification plugin to reduce spam. See how your comment data is processed.