1 Mei 2024

Penulis : Erma  Lisa, Mahasiswa Tadris Biologi UINSU Medan

Dimensi.id-Saat ini negara di seluruh dunia termasuk di Indonesia sendiri sedang dihebohkan dengan keberadaan virus corona yang dapat mengancam seluruh aspek kehidupan umat manusia. Seperti diketahui perkembangan orang yang terinfeksi virus corona (covid-19) kian hari semakin meningkat seperti pada hari Kamis, 06 Agustus 2020,  jumlah orang yang terkonfirmasi diseluruh dunia ialah 18,8 juta, kemudian di Indonesia data jumlah orang yang terkonfirmasi ialah 18.753.

Berdasarkan hal tersebut pemerintah telah memikirkan cara yang efektif untuk tetap dapat melaksanakan aktifitas kewajiban namun dapat memutus rantai penyebaran COVID-19. Dengan  ini pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk tetep produktif  melakukan work from home atau bekerja dari rumah, kebijakan ini tidak hanya tertuju kepada orang-orang yang bekerja saja, melainkan juga kepada ranah pendidikan melakukan kegiatan belajar-mengajar dari rumah.

Pembelajaran yang dilakukan selama pandemi berlangsung dari rumah melalui metode jarak jauh (online) tentunya tidak semaksimal ketika mengikuti pembelajaran secara tatap muka di kelas yang dilaksanakan secara langsung, terutama pada pembelajaran Biologi yang beberapa materi mengharuskan untuk melakukan kegiatan praktikum salah satunya Bioteknologi.

Namun dengan adanya kebijakan belajar jarak jauh (online) ini bukanlah suatu penghalang untuk menjadikan pembelajaran biologi terutama materi bioteknologi menjadi sebuah kendala. Kita tetap bisa mempelajari materi serta praktikum materi bioteknologi secara produktif di masa pandemi ini terutama yang dilaksanakan dari rumah. Jika kita sempat berfikir pembelajaran jarak jauh (online) menjadi tidak produktif, maka itu bukan pemikiran yang tepat. Pembelajaran tetap dapat berjalan produktif  hanya saja tidak semaksimal ketika dilaksanakan secara langsung di sekolah.

 Kegiatan pembelajaran di masa pandemi ini dapat dilakukan secara online dengan memanfaatkan media teknologi dan komunikasi modern yang saat ini kita miliki. Fitur aplikasi pilihan pada media Handphone, tablet atau laptop yang dapat difungsikan sebagai media belajar berbasis online seperti ZOOM, Google meet,  dan video converence lainnya. Kemudian untuk melanjutkan diskusi dapat menggunakan aplikasi lainnya sebagai wadah untuk membagikan materi pembelajaran, sumber-sumber referensi bacaan dan catatan-catatan lainnya seperti Telegram, whatsapps, Google Schoolar dan aplikasi lainnya. Pada pembelajaran biologi materi bioteknologi dapat dilakukan dengan video converens serta diskusi via chatt untuk penjelasan materi yang akan disampaikan serta mendiskusikan beberapa hal.

Seperti kita ketahui, Bioteknologi merupakan cabang ilmu Biologi yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup dalam proses produksi untuk menghasilkan makhluk hidup, barang dan jasa. Dengan demikian pembelajaran Bioteknologi tidak terlepas dari kegiatan praktikum guna mengetahui cara memanfaatkan agar dapat menghasilkan produk tersebut. Jadi apakah kegiatan praktikum selama pandemi tetap bisa dilakukan ketika pembelajaran dari rumah ? tentu saja bisa, dengan pembelajaran dari rumah tentunya akan lebih sering menggunakan media sosial dan dengan begitu dapat juga digunkan untuk mencari referensi yang berhubungan dengan materi yang sedang dibahas baik itu berupa video pembelajaran, jurnal ilmiah, artikel pendidikan dan sumber lainnya. 

Kegiatan praktikum bioteknologi dimasa pandemi ini dapat dilakukan dari rumah (individu) dengan berupa tugas pembuatan video dari pemanfaatan bioteknologi, yang dilakukan dengan merekam setiap tahap pembuatan dari awal sampai akhir dan menyerahkan tugas tersebut. Kemudian kegiatan praktikum di masa pandemi yang dilakukan dari rumah tetap dapat dilakukan karena bioteknologi terbagi menjadi bioteknologi tradisional dan modern, oleh karena itu tetap dapat melakukan praktikum dari rumah dengan memilih beberapa penerapan dari bioteknologi tradisional, karena alat dan bahan yang digunakan masih sederhana dan mudah didapatkan. Dengan demikian kegiatan praktikum tetap dapat terlaksana dan tentunya setiap orang yang melakukan praktikum akan lebih fokus dan memahami setiap proses yang dilakukan karena dilakukan secara individu.

Praktikum dari peranan Bioteknologi di masa pandemi yang dapat dilakukan meskipun pembelajaran dilakukan dari rumah sangat banyak, adapun beberapa diantaranya seperti: Pembuatan Kompos, pembuatan biogas, Pembuatan beragam makanan (seperti tempe, tape, beragam roti), pembuatan yoghurt dan banyak lago contoh lainnya. Dari beberapa peranan bioteknologi yang telah disebutkan, dengan melakukan percobaan dari rumah dan berhasil menjadi suatu produk tentunya produk tersebut selain dapat dinikmati sendiri dapat dijual dipasaran (dikomersilkan).

Dengan demikian pembelajaran bioteknologi di masa pandemi yang dilaksanakan dari rumah tetap produktif karena, selain mendapatkan ilmu berupa materi dan cara pembuatannya tetapi juga dapat menjadikan hasil dari bioteknologi tersebut menjadi barang ekonomis yang dapat diperjual belikan di pasaran. Dan hasilnya dapat digunakan untuk kebutuhan selama pembelajaran online.

Nah, jadi dengan adanya pandemi yang mengharuskan kita belajar dari rumah ternyata pembelajaran tetap bisa dilaksanakan secara produktif.

Editor : Fadli

6 thoughts on “PEMBELAJARAN BIOTEKNOLOGI TETAP PRODUKTIF DI MASA PANDEMI

Apa pendapatmu?

This site uses User Verification plugin to reduce spam. See how your comment data is processed.