22 Februari 2024

Dimensi.id-Siapa yang tidak tahu bahwasanya bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat Istimewa penuh dengan  keberkahan , Moment yang dinanti bagi orang orang beriman . Bulan yang diberkahi oleh Allah  SWT , bulan penuh maghfirahnya, bulan dimana dilipat gandakan pahala Bagi orang yang melaksanakan semua amalan amalan manusia.

walaupun kita tahu Ramadhan kali ini suasana kehidupan  sedang dilanda bencana wabah . Namun ancaman wabah ini tidak boleh menyurutkan kita dalam melaksanakan amalan amalan yang ada, dan juga  jangan sampai  melemahkan  semangat kita dalam menggapai Hikmahnya.

Sebagaimana Rasulullah Saw Bersabda.

“ Sesungguhnya  Ramadhan  adalah bulan dimana Allah ta’alaa mewajibkan berpuasa dan aku sunnahkan kaum muslimin menegakkan(Sholat malam). Barang siapa berpuasa dengan iman dan mengharapkan ke Ridhaan Allah ta’aala Maka dosanya keluar seperti hari  ibunya melahirkannya” (HR Ahmad).

Banyak yang harus kita fikirkan kedepannya demi mensukseskan dan meraup sebanyak-banyak nya pahala DiRamadhan Kali ini ,dan menjadikan momentum untuk semakin meningkatkan Iman dan takwa, dan tempat kita bermuhasabah semakin mendekatkan diri kepada sang Ilahi Rabbi Allah azza wajalla,Memohon ampun atas segala dosa dosa kita yang banyak kita lakukan dimasa lalu.

yang mana banyak perintahnya yang kita abaikan mulai dari yang kecil sampai yang besar pula . Kita juga telah banyak membangkang atas perintahnya mencampakan Hukum syariah yang telah Ditetapkannya, Banyak sekali kedurhakaan kita Kepada Allah.

Maka dari Itu Sebagai Hamba yang beriman di momen ini lah saatnya kita banyak bermuhasabah ,menjadikan Bulan Taubat yang  nasuha dan kolektif. wahai pemburu ampunan Allah ta’aala .Marilah  kita manfaatkan kesempatan emas ini untuk bertaubat .

sebab tidak ada seorang pun  diantara manusia  yang bebas  dari dosa dan kesalahan  yang dikerjakan , baik sadar maupun tidak  alangkah baiknya dibulan pengampunan ini kita semua berburu ampunan Allah ta’aala.

“Wahai hamba-hambaku setiap siang dan malam kalian  senantiasa berbuat salah , namun aku mengampuni semua dosa. Karena itu, mohonlah ampunanku agar aku mengampuni kalian”.(Hadits Qudsi Riwayat Muslim no 4674).

Maka sudah saatnya setelah kita bermuhasabah  menyadari dosa-dosa kita, buah yang kita dapat dari momentum yang istimewa  menjadikan kita insan yang taat sampai kapan pun ,walau Ramadhan sudah berlalu. Menjadikan kita insan yang taat sempurna pada syariatnya . terutama dalam menata sebuah negara dengan menjalankan syariat nya dari segi semua aspek kehidupan  agar mendapatkan keberkahan dari Allah swt.  

Dengan Tidak mengabaikan Perintah syariahnya yang didapat adalah kedamaian dan kesejahteraan ,dengan syariah nya kita dapat menata Hidup yang kelam menjadi hidup yang baru , Mentuntaskan segala problematika Kehidupan dengan menjalankan syariahnya .

Dengan kita Bertaubat menjadikan diri kita insan yang taat dimasa pandemi ini . Kita dapat memetik Hikmah nya bahwasanya dengan Menjalan kan syariahnya di kancah kehidupan adalah sebagai Solusi Tuntas Atas permasalahan yang terjadi dan membawa keberkahan, Tak  hanya diri sendiri, Keberkahan itu akan dirasakan Oleh seluruhnya. dengan syariahnya kita Dibina menjadi Hamba yang beriman dan bertakwa sertaa insan yang taat pada Hukum yang berlaku .

Taat yang sempurna adalah awal usaha kita untuk Menggapai kemenangan yang hakiki dan mewujudkan Peradaban Baru dimasa yang akan datang. Mengembalikan kita menjadi Insan yang Fitri Pembangun peradaban baru  Seperti pada masa Kejayaan Islam saat itu. Semoga kita selamanya menjadikan diri kita sebagi insan yang taat dimasa kini dan Nanti. aamiin yarabbal alamiin

penulis : Nurul Hariani (Aktivis Muslimah Dakwah Comunity UINSU)

Editor : Fadli

Apa pendapatmu?

This site uses User Verification plugin to reduce spam. See how your comment data is processed.