22 April 2024
Masalah remaja bukan beban, sumber: pixabay
60 / 100

Dimensi.id-Ramaja adalah masa yang paling indah dengan berbagai problematika yang harus dihadapi sebagai tantangan bukan beban. Tapi tidak jarang dari mereka yang mengalami depresi, tertekan sehingga sampai pada keputusan untuk bunuh diri. Masalah diangap sebagai beban, tidak segera diselesaikan sehingga masalah bertumpuk yang membuat mereka depresi dan memutuskan bunuh diri.

Semua itu terjadi karena mereka dijauhkan dari agamanya, Islam sebagai pegangan hidup saat mereka dihadapkan pada masalah. Pada hakekatnya, mereka mampu menyelesaikan setiap masalah, karena Allah tidak akan membebani hambanya diluar batas kemampuannya.

Tapi sayang banyak remaja yang fokus hanya pada masalah bukan pada solusi masalah. Mereka menjadikan masalah sebagai beban, bukan tantangan yang harus diselesaikan dengan solusi Islam. Mereka muslim tapi pemikirannya sekuler sehingga tidak menjadikan masalah sebagai tantangan dan peluang untuk belajar agar menjadi lebih baik dan bijak. Setiap masalah pasti ada hikmah dan ada solusinya dalam Islam.

Solusi terbaik semua masalah adalah Islam. Yakinlah, bersama kesulitan dalam masalah yang kita hadapi, ada kemudahan. Kita juga perlu pahami dibalik setiap masalah ada pelajaran dan hikmah yang bisa membuat kita menjadi lebih kuat, bijak dan dewasa dalam menghadapi setiap masalah yang akan menguji hidup kita.  Selama kita hidup tidak mungkin lepas dari masalah, dan tidak jadi masalah selama kita tidak menjadikannya beban, tapi sebuah tantangan untuk diselesaikan.

Pertama, kamu harus selalu berpositif thinking bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya dan yakinlah kamu bisa menghadapi dan bisa menyelesaikan masalahmu dengan Islam. Jangan tergoda mengikuti solusi syaitan yang seolah bisa menyelesaikan masalahmu, padahal itu akan menjerumuskan pada masalah baru yang lebih pelik di kemudian hari. 

Baca juga: Akibat Sistem Sekuler Masjid pun Dibatasi Fungsinya

Sebagai contoh kalian dihadapkan pada masalah keuangan untuk membayar biaya sekolah atau UKT, biaya kuliah. Sementara ada yang dengan mudah menawari mu hutang dengan riba. Mungkin dengan cepat kamu bisa menyelesaikan masalahmu.

Tapi ingatlah gaes, solusi yang kau pilih bukan cara yang benar dan tepat untuk dilakukan. Solusi yang menyisakan masalah yang lebih pelik dikemudian bukanlah solusi Islami. Bahkan hidup tidak berkah karena kamu melakukan praktek riba yang dilarang dalam Islam dan merupakan dosa besar.

Kedua, satu solusi Islami adalah dengan sabar dan sholat. Allah SWT berfirman dalam surah Al Baqarah ayat 45:  

وَاسۡتَعِيۡنُوۡا بِالصَّبۡرِ وَالصَّلٰوةِ ​ؕ وَاِنَّهَا لَكَبِيۡرَةٌ اِلَّا عَلَى الۡخٰشِعِيۡنَۙ‏

“Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu amal berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk” (Al Baqarah: 45).

Jadi bersabar untuk menjadikan Islam sebagai solusi fundamental untuk semua masalah adalah cara tepat dan benar agar kita tidak masuk dalam jeratan syaitan yang membuat mu berputus asa dan depresi.

Jangan tergiur untuk memilih jalan pintas yang bertentangan dengan Islam, yang itu semua akan membuatmu memasuki masalah baru yang lebih sulit dan pelik untuk diselesaikan. Dengan menyampaikan segala permasalahan kita kepada Allah SWT., akan membuat hati tenang dan masalah tidak lagi menjadi beban. Solusi pun akan segera datang, sehingga kamu bisa segera bangkit menghadapi hidup ini dengan penuh semangat dan harapan.

Baca juga: Masalah Stunting, Apa Solusi Tuntasnya?

Ketiga, masalah itu akan menjadi mudah untuk diselesaikan saat kamu bisa saling berbagi dan menasehati. Tapi tentunya kita harus berhati-hati, tidak kepada sembarang orang kita curhat tentang apa yang menjadi masalah kita. Bukan solusi tapi masalah baru jika kita menyampaikan pada orang yang salah.

Orang tua kita adalah orang yang tepat untuk dijadikan tempat curhat agar hati kita menjadi ringan dan solusi bisa segera ditemukan. Bangun komunikasi yang dengan orang tua agar masalah bisa mudah diatasi.

Bergabung dengan remaja muslim dalam barisan dakwah akan menambah sahabat yang baik yang bisa saling menguatkan dan menasehati dengan Islam. Mereka juga bisa menjadi teman tepat yang bisa dipercaya untuk teman curhat.  Mendapatkan solusi tepat dan benar dengan Islam bersama orang-orang baik dalam barisan dakwah.

Keempat, jika kamu suka menulis, masalah bisa menjadi ide menarik jika segera diikat dan dibuat sebuah tulisan. Hati menjadi tenang dan masalah menjadi ringan karena kita mengalirkan apa yang menjadi beban pikiran dalam tulisan.  Fokus pada solusi Islam untuk semua masalah yang menghampiri hidup membuat diri menjadi kuat dan bijak dalam menghadapi masalah.

Ternyata masalah tidak selamanya menjadi beban hidup, tapi dari masalah kita bisa mendapatkan ide cemerlang dan menarik untuk dibagi pada orang lain, dan siapa tahu bisa memberi pencerahan, membuat seseorang berubah dan hijrah. Sungguh beruntung dari tulisan yang kita bagi bisa tercipta  pahala jariyah sebagai bekal nanti saat harus menghadap Illahi Rabbi.

Terakhir, apapun masalahmu jadikan Islam sebagai solusinya, agar kamu tidak depresi. Jangan pilih selain Islam sebagai solusi, apalagi jika itu dilarang dalam Islam, bukan solusi, malah masalah baru yang lebih sulit yang membuat depresi. Bersabar dengan solusi Islam adalah pilihan tepat agar kita kuat dan hidup berkah dan mudah.

Bersama dengan orang-orang baik dalam barisan dakwah membuat hidup lebih bermanfaat dan masalah jadi peluang dan tantangan untuk belajar menjadi lebih baik. Masalah bisa menjadi gagasan yang cemerlang jika kita bergabung dalam barisan dakwah, karena dalam dakwah kita terbiasa untuk berfikir solusi Islami yang tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk orang lain.

Kata kuncinya adalah iman dan taqwa yang membuat kita kuat dalam menghadapi masalah, dan mudah menyelesaikannya karena pertolongan Allah dengan cara yang sering tidak disangka. Remaja muslim sejati tidak mengenal kata depresi karena mereka dekat dengan Allah dan menjadikan Islam sebagai solusi fundamental untuk semua masalah. [AW]

Apa pendapatmu?

This site uses User Verification plugin to reduce spam. See how your comment data is processed.