21 April 2024
Menulis
65 / 100

Dimensi.id-Menulis adalah kebiasaan baik, para Ulama’ terdahulu yang harus kita tiru dan pertahankan pertahankan agar kita mendapatkan kemuliaan karena memiliki ilmu yang jernih dan cemerlang. Masalah bisa menjadi ide menarik untuk dikupas menggunakan Islam sebagai solusi fundamental. Jika apa yang ada dalam pemikiran kita terus kita alirkan lewat tulisan disamping itu bisa bermanfaat bagi orang lain, pikiran kita akan menjadi lebih jernih.

Lebih dari itu, ide-ide segar, cemerlang akan terus mengalir dari pemahaman kita yang jernih dan Islami. Terus alirkan, seperti halnya air sumur yang tidak akan pernah habis, bahkan airnya akan menjadi jernih jika terus kita ambil untuk dimanfaatkan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari kita. Ada lima hal yang menjadi alasan kenapa kita harus terus menulis dan menjaganya agar menjadi kebiasaan sampai pada akhir hayat kita.

Pertama

Menulis membuat kita berfikir tentang apa saja yang disekitar kita. Hidup akan terasa lebih hidup dengan kita berfikir, kemudian kita tuangkan lewat tulisan. Disela-sela rutinitas harian, hidup terasa lebih berwarna dengan meluangkan waktu sejenak untuk segera mengikat ide yang bersliweran disekitar dengan segera menulisnya. Semenit atau dua menit sangatlah berharga dengan menulis. Ide bisa dituangkan dalam rangkaian kata-kata untuk dijadikan satu kalimat, kemudian dikembangkan menjadi satu paragraf dan itu terus dilakukan disela-sela kesibukan kita, sampai pada akhirnya satu karya tercipta siap untuk dibagi agar bisa menginspirasi umat.

Menulis tidak perlu waktu khusus yang menghabiskan waktu, tapi kapanpun saat ide datang menghampiri pemikiran kita segera tulis dengan meluangkan waktu sejenak untuk berfikir dan menulisnya dalam rangkaian kata-kata. Tidak perlu waktu khusus dan waktu lama untuk menulis. Yang dibutuhkan adalah komitmen dan kemauan keras untuk medawamkan aktifitas menulis kita.

Kedua

Dengan menulis kita akan lebih menghargai waktu, sehingga kita tidak termasuk orang merugi. Dalam satu hari ada 24 Jam yang saya yakin ada waktu luang disela-sela kesibukan kita. Saat Istirahat sejenak sungguh berharga saat kita suka menulis. Sungguh rugi jika banyak waktu luang kita, tapi tidak satupun karya yang mampu tercipta oleh tangan dan langkah kaki kita.

Main game, santai ngoborol sesuatu yang tidak penting jangan keterusan dilakukan hingga lupa diri dan manjadi orang-orang yang merugi. Jangan sia-siakan waktu kita, dengan cara menuangkan ide-ide menarik di sekitar kita dalam satu tulisan. Menulis membuat waktu lebih berharga hingga tidak ada waktu yang sia-sia. Teruslah menulis karena nenulis membuat hidup lebih hidup dengan memikirkan apa yang ada disekitar kita kemudian dikaitkan dengan Islam sebagai solusi fundamental.

Ketiga

Menulis mendorong kita untuk belajar, menambah pengetahuan dengan membaca dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi lewat tulisan. Kita akan menjadi orang yang tanggap dan peka serta suka membaca dengan mengumpulkan makna-makna yang ada disekitar kita untuk dibahas dan dikupas dengan menggunakan sudut pandang Islam.

Sungguh, menyenangkan karena pengetahuan akan terus bertambah dan kemampuan berkomunikasi akan terus terasah dan menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Menulis tiba-tiba merubah diri kita menjadi sosok yang unggul dan hebat perlahan tanpa kita menyadarinya. semangat menulis jangan sampai padam untuk menggoreskan ide-ide cemerlang yang bisa jadi akan menginspirasi orang untuk menjadi lebih baik. Hidup akan terasa lebih hidup dengan menulis untuk mengalirkan semua isi kepala kita dalam sebuah karya yang bisa dibaca orang banyak.

Keempat

Dengan menulis pikiran menjadi cerdas dan tidak mudah depresi ataupun putus asa dalam menghadapi masalah hidup, karena setiap beban hidup dan masalah bisa dialirkan dan menjadi ide menarik untuk dibahas dengan Islam sebagai solusi fundamental. Setiap masalah ada solusinya dalam Islam. Menulis membuat kita berfikir tentang apa saja yang ada disekitar, karena semuanya bisa menjadi menarik untuk dibahas dari sudut pandang Islam. Hidup terasa lebih berwarna dengan menulis, dan masalah akan mudah teratasi. Pikiran jernih dan tidak mudah stress meskipun banyak masalah yang melingkupi hidup. Masalah yang ada menjadi berharga kerena menulis.

Kelima

Manfaat menulis tidak hanya kita rasakan di dunia tapi juga menyiapkan kehidupan setelah mati. Karya islami yang tercipta jika dibaca dan menginspirasi orang lain untuk berbuat lebih baik bisa menjadi tabungan amal jariyah yang terus mengalir ke pundi-pundi pahala kita, bahkan meskipun kita tidak lagi hidup di dunia.

Setiap goresan ide-ide Islami kita dengan usaha maksimal untuk menyampaikan kebenaran Islam tidak akan sia-sia bahkan akan berniai ibadah jika kita niatkan dakwah untuk menggapai ridho Allah. Masihkah kita bermalas-malasan dengan membiarkan waktu luang kita untuk sesuatu yang tidak ada manfaat dan nilainya. Sebagai seorang muslim yang memiliki tujuan yang benar untuk beribadah kepada Allah SWT, tidak akan membiarkan waktu berlalu begitu saja tanpa ada jejak kebaikan yang tercipta.

Usaha kita dalam menyampaikan kebenaran Islam lewat tulisan yang inspiratif sungguh sangat berharga dalam menyiapkan kehidupan kita setelah mati. Hidup ini hanya sebentar, oleh karena itu gunakan kesempatan untuk membuat jejak-jejak kebaikan dengan menulis ide-ide islami yang inspiratif. Tetap semangat menulis untuk bekal nanti di akhirat.

Jangan biarkan semangatmu dalam menulis padam, karena butuh usaha keras lagi untuk memulai lagi kebiasaan baik. Menulis awalnya harus dipaksa, perlahan akan menjadi terbiasa, namun setelah itu jangan biarkan kebiasan baikmu untuk mengoreskan ide-ide Islami berhenti hanya karena rutinitas harian atau bahkan karena permainan yang melalaikan. Menulis membuat hidupmu lebih hidup dan bermanfaat.

Apa pendapatmu?

This site uses User Verification plugin to reduce spam. See how your comment data is processed.