6 Desember 2022

Dimensi.idKebanyakan penulis tidak menghargai keberadaan sub judul. Padahal sub judul dapat memaksimalkan fokus artikel dalam mesin pencarian. Sub judul memang tidak boleh diabaikan tetapi juga tidak perlu diterapkan secara berlebihan di dalam artikel. Lalu bagaimana penulisan sub judul yang tepat? Check this out!

Pengertian Sub Judul

Sub judul atau subheading merupakan judul pendukung yang membagi tulisan menjadi beberapa bagian. Tujuannya agar artikel yang dibuat menjadi rapi. Selain itu, hanya dengan memperhatikan sub judul dapat memudahkan pembaca menemukan informasi yang dibutuhkan dengan cepat.

Pemilihan kata variatif untuk sub judul yang dibuat sebaiknya berhubungan dengan judul utama. Oleh karena itu, sub judul dapat menunjang suatu artikel. Seperti yang kita tahu bahwa masih banyak orang yang malas membaca hingga akhir. Jadi, buatlah sub judul yang menarik sehingga mereka mau membaca artikel Anda hingga selesai.

Sub judul juga penting dalam pembuatan konten Search Engine Optimization (SEO). SEO bekerja untuk meningkatkan kunjungan halaman dengan konten yang relevan. Oleh karena itu, sub judul diperlukan sebagai navigasi konten. Dalam penggunaannya, sub judul terbagi menjadi beberapa bagian dengan simbol H1 hingga H6.

Manfaat Sub Judul            

Sub judul sangat berperan besar dalam sebuah artikel untuk memuaskan para pembaca. Berikut ini beberapa manfaat dari sub judul:

  • Memudahkan dalam Skimming dan Scanning.

Artikel yang bersub judul akan menonjolkan bagian-bagian penting sehingga memudahkan pembaca teknik skimming dan scanning menemukan benang merahnya.

  • Membuat Penulisan Menjadi Rapi

Tulisan yang dibagi menjadi beberapa sub judul menjadi lebih ringkas dan mudah dipahami sehingga pembaca nyaman berada di artikel Anda.

  • Memudahkan Ditemukan Mesin Pencari.

Mesin pencari akan memahami isi konten sehingga dapat mendongkrak artikel Anda dan di tempatkan di halaman pertama pencarian.

  • Mengoptimasi SEO untuk keyword turunan.

Membidik riset kata kunci turunan agar mendapat trafik yang tinggi sehingga mendatangkan ketertarikan pembaca.

Tips Membuat Sub Judul yang Tepat

Sub judul yang berkualitas SEO dapat mempengaruhi kunjungan artikel. Oleh karena itu, buatlah sub judul yang tepat seperti tips berikut ini:

  • Penempatan sub judul harus disesuaikan dengan panjang kata dalam artikel. Buatlah sub judul seperlunya, jangan sampai berlebihan.
  • Pakailah kata yang variatif. Upayakan sub judul tidak mengulang dari judul utama sehingga tidak dikenakan tindakan spaming oleh Google.
  • Font sub judul dibuat berbeda dari judul utama dan teks. Hal tersebut dimaksudkan sebagai poin bagian penting dan penarik perhatian pembaca.

Jika Anda penulis pemula yang masih bingung dalam meletakkan sub judul, maka disarankan untuk menyelesaikan tulisan anda terlebih dahulu. Kemudian, tentukan beberapa gagasan utama yang bisa Anda bagi menjadi sub judul. [Dms]

Sumber artikel : https://bintangpustaka.com/pentingnya-sub-judul-dalam-penulisan-artikel/

Apa pendapatmu?

This site uses User Verification plugin to reduce spam. See how your comment data is processed.