3 Oktober 2022

Dimensi.id-Doa Jumat berkah menjadi salah satu doa yang sebaiknya dipanjatkan oleh umat muslim. Mengingat, hari Jumat adalah hari yang penuh dengan berkah. Orang-orang kerap berlomba membuat kebaikan di hari Jumat, mencari keberkahan dan berharap mendapatkan rezeki yang berkah dari Allah.

Hal tersebutlah yang membuat orang-orang juga memanjatkan doa Jumat berkah agar Allah mengabulkan segala macam harapan dan kebutuhan mereka. Maka dari itu, doa Jumat berkah ini menjadi penting untuk diketahui. Jika Anda berbuat baik pada hari Jumat, maka jangan lupa pula sertai dengan dia Jumat berkah.

Maka dari itu informasi tentang doa Jumat berkah ini menjadi sangat penting. Berikut ini Merdeka.com merangkum doa Jumat berkah agar rezeki lancar dan terjemahannya yang perlu untuk diketahui.

Doa Jumat Berkah

Ada banyak sekali amalan doa di hari Jumat yang bisa Anda amalkan. Termasuk bacaan surat-surat pendek maupun panjang di Al-Qur’an.

Hal ini karena hari Jumat merupakan hari yang sangat istimewa dan penuh dengan keberkahan. Akan tetapi, berikut ini adalah beberapa doa Jumat berkah singkat yang bisa diamalkan dan dibaca ketika hari Jumat.

1. Doa Jumat Berkah Dicukupkan Rezeki

Allahumma alaika tawakkaltu farzuqni wakfini, wa bika ludzfu fa najjini mimma yu’dzini anta hasbi wa ni’mal wakil. Allahumma raddhini bi qadhaika wa qanni; bi athaika waj’alni min awliyaika.

Artinya: “Ya Allah, aku berserah diri pada-Mu, berikan aku rezeki dan cukupkan aku. Selamatkan aku dari sesuatu yang menyakitiku. Engkau adalah satu-satunya pelindung terbaikku, dan cukupkanlah aku dengan anugerah-MU dan jadikanlah aku dari para wali-Mu.”

2. Doa Jumat Berkah 

Ya Rabbi fi yaumil jumat wa ‘adta ibadaka bi qabuli da’wahum, sa ad’u liqalbin qaribin min qalbi: Allahummarzuqhu ma yuridu warzuq qalbahu ma yuridu, waj’alhu laka kama turidu, Allahumma qaddirlalhu dzalik, qabla an tu’dzina syamsul jumat bil maghrib.

Artinya: “Ya Allah, pada hari Jumat ini, kau berjanji pada hamba-hamba-Mu untuk menerima doa mereka. Aku akan berdoa dari hati yang terdalam. Ya Allah, berikanlah apa yang kuinginkan, dan berkatilah hatiku dengan apa yang kuinginkan. Dan jadikan diriku ini milik-Mu seperti yang dirimu inginkan, sebelum matahari hari Jumat tenggelam.”

3. Doa Jumat Berkah dalam Keluarga

Allahumma barik li fi ahli wa barik li ahli fiyya warzuqhum minni warzuqni minhum wajma’bainana majama’ta fi khairin wa farriq bainana ma farraqta fi khairin. Barakallahu li kullin minna fi shahibihi. Allahumma inni as’aluka khairaha wa khaira ma jabaltaha ‘alaihi. Wa a’udzu bika min syarriha wa syarri ma jabaltaha ‘alaihi. Allahumma inni u’idzuha bika wa dzurriyyataha mina syaithanirrajim.

Artinya: “Ya Allah, berkahilah aku dalam keluarga dan berkahilah keluarga dalam diriku. Anugerahkan rezeki kepada mereka lantaran aku, anugerahkanlah rezeki kepadaku lantaran mereka. Satukanlah kami selama engkau satukan dalam kebaikan, dan pisahkanlah kami selama Engkau memisahkan dalam kebaikan. Semoga Allah memberkahi masing-masing dari kami dalam pergaulannya (suami istri). Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu kebaikan istriku dan kebaikan perangai yang Engkau watakkan kepadanya. Dan aku berlindung kepadamu dari keburukan istriku dan keburukan perangai yang Engkau watakkan kepadanya. Ya Allah, sungguh aku memohon perlindungan untuknya dan keturunannya dengan keagungan dzat-Mu dari setan yang terkutuk.”

Dalil Keutamaan Hari Jumat

Jumat adalah hari yang sangat istimewa. Istimewanya hari Jumat tercermin dari berbagai macam hadits Rasulullah. Hari Jumat adalah hari yang penuh dengan berkah. Maka dari itu, umat Islam harus benar-benar memanfaatkan hari Jumat dengan berbagai macam kebaikan dan doa Jumat Berkah.

Melansir dari laman jatim.nu.or.id, Imam Syafi’i dan Imam Ahmad meriwayatkan dari Sa’ad bin ‘ubadah sebuah hadits yang artinya:

“Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat. Ia lebih agung daripada hari raya qurban dan hari raya fitri. Di dalam Jumat Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi. Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat. Di dalam hari Jumat terdapat waktu yang tiada seorang hamba meminta sesuatu di dalamnya kecuali Allah mengabulkan permintaannya, selama tidak meminta dosa atau memutus tali silaturahmi. Hari kiamat juga terjadi di hari Jumat. Tiada malaikat yang didekatkan di sisi Allah, langit, bumi, angin, gunung, dan batu kecuali ia khawatir terjadinya kiamat saat hari Jumat.”

Hadits itu mencerminkan betapa spesialnya hari Jumat. Di hari Jumat banyak sekali moment penting yang diabadikan di dalam Al-Qur’an. Hari Jumat adalah hari yang sangat agung, dan doa Jumat berkah adalah salah satu cara hamba meminta pertolongan dan rezeki di hari Jumat.

Adapun beberapa keistimewaan hari Jumat antara lain:

1. Lebih agung daripada hari raya kurban dan hari saya fitri.

2. Diciptakannya Nabi Adam dan keluarnya Nabi Adam dari surga.

3. Wafatnya Nabi Adam.

4. Terjaganya seorang yang mati dari fitnah kubur.

5. Hajinya orang-orang fakir.

6. Terjadinya kiamat.

Dengan berbagai macam keutamaan di hari Jumat, maka Anda tentu tidak ingin melewatkan untuk doa Jumat berkah pada hari Jumat. Dengan memanjatkan berbagai macam doa di hari Jumat, maka diharapkan doa-doa tersebut akan dikabulkan oleh Allah. [Dms]

Apa pendapatmu?

This site uses User Verification plugin to reduce spam. See how your comment data is processed.
%d blogger menyukai ini: