3 Oktober 2022

Dimensi.id-Game edukasi adalah jenis game yang didesain untuk mendidik atau menghibur namun masih memiliki unsur-unsur pendidikan. Terdapat sejumlah game edukasi anak lengkap yang bisa orangtua perkenalkan kepada anak, seperti Khan Academy Kids, Math Land, hingga Chess for Kids.

Penggunaan gawai pada anak-anak semakin sulit dihindari. Apalagi di era pandemi seperti sekarang, di mana si kecil menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah. Guna menghindari dampak negatif dari penggunaan gawai, orangtua bisa mengunduh game edukasi anak yang berisikan konten-konten mendidik.

Rekomendasi game edukasi anak

Sebelum mengintip segudang game yang mendidik untuk anak, orangtua perlu tahu apa itu game edukasi. Dikutip dari IGI Global, game edukasi adalah jenis game yang diciptakan untuk tujuan mendidik atau menghibur, tetapi tetap mengandung unsur-unsur pendidikan.

Berikut adalah beberapa rekomendasi game edukasi yang dapat dimainkan oleh anak Anda.

1. Khan Academy Kids

no caption
Khan Academy Kids

Khan Academy Kids adalah salah satu game edukasi yang bisa diunduh dari Play Store dan App Store. Game ini menjadikan hewan-hewan dengan warna yang menarik sebagai tokohnya

Anak Anda dapat belajar berbagai keterampilan, seperti membaca, menulis, dan menyelesaikan masalah, melalui hewan-hewan tersebut.

Khan Academy Kids cocok untuk anak berusia enam tahun ke bawah. Menariknya, game edukasi ini dapat memunculkan koleksi buku dan video yang bisa dinikmati kapan saja.

Ketika anak-anak memainkan game ini, mereka akan diberi hadiah, seperti topi atau aksesoris lainnya yang bisa dipakai dalam game supaya menambah semangatnya. Anda dapat mengakses game ini secara gratis.

2. ABC Kids – Tracing dan Phonics

ABC Kids adalah permainan yang sepenuhnya berfokus untuk membantu anak-anak mengenali dan menuliskan huruf.

Dipandu oleh singa yang ceria bersama dengan sahabat hewan lainnya yang menari dan bersemangat, si kecil dapat menikmatinya sambil belajar alfabet, seperti mencari huruf, mencocokkan huruf kecil ke huruf besar, atau mencocokkan melalui phonics.

Ada juga mode yang dikhususkan bagi orangtua, di mana Anda dapat melacak perkembangan dan mengaktifkan bagian-bagian tertentu dari game ini jika ada sesuatu yang Anda ingin fokuskan pada anak.

Game anak balita ini tersedia baik di Google Play Store maupun di Apple App Store.

3. Math Land

Math Land berkisah tentang bajak laut yang bernama Ray. Pada game edukasi anak TK ini, anak-anak harus menyelesaikan masalah matematika untuk membuka kunci mata-mata dan berlayar di laut.

Game edukasi Math Land dapat mengasah kemampuan berhitung anak karena mencakup semua jenis masalah matematika, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan masih banyak lagi.

Tingkat kerumitannya bisa diatur berdasarkan usia anak. Game Math Land termasuk game berbayar yang tersedia di Google Play Store dan Apple App Store, tetapi itu sepadan dengan serunya bermain sambil belajar.

4. Sesame Street Alphabet Kitchen

Karakter dalam game ini bernama Cookie Monster dan Elmo. Anak Anda dapat bergabung dengan mereka berdua di dapur untuk membantu memanggang tiga sampai empat kata. Sepanjang memainkan game edukasi ini, anak-anak akan mempraktikkan keterampilan literasi mereka.

Sambil memanggang, karakter Sesame Street akan mengajarkan anak-anak cara mengucapkannya dengan benar, mengetahui arti kata-kata yang digunakan, dan bagaimana vokalnya.

Sesame Street Alphabet Kitchen bisa diunduh di Google Play Store dan Apple App Store.

5. Chess for Kids

Bermain catur akan membantu meningkatkan keterampilan memecahkan masalah pada anak, mengenalkan pola, konsentrasi, dan masih banyak lagi. Itu juga yang menjadi alasan permainan catur sangat populer di segala usia.

Game edukasi ini dirancang khusus untuk anak-anak, yang berarti penuh warna dan mudah digunakan.

Chess Kids memungkinkan anak Anda bermain catur dengan anak lainnya di seluruh dunia, tetapi tidak bisa menghubungi atau menambahkan seseorang menjadi teman sebagai upaya melindungi privasi anak.

Game pendidikan anak-anak ini dapat diunduh baik di Google Play Store maupun di Apple App Store secara gratis.

6. Daniel Tiger’s Grr-ific Feelings

Daniel Tiger's Grr-ific Feelings:Amazon.com:Appstore for Android

Daniel Tiger’s Grr-ific Feelings merupakan game edukasi yang direkomendasikan karena mengajarkan tentang emosi sosial yang dikemas dengan sangat menyenangkan.

Game ini memungkinkan anak Anda mengidentifikasi dan menjelajahi emosinya melalui seni, lagu, dan permainan.

Selain itu, Daniel Tiger’s Grr-ific Feelings menawarkan berbagai cara untuk berlatih berbicara dan mengekspresikan emosi dengan cara menggambar, mengambil foto diri mereka saat sedang marah atau bahagia, dan berlatih olahraga.

Game edukasi ini sangat mudah untuk dimainkan dan dapat diakses untuk anak-anak yang berusia dini.

7. Starfall

Starfall adalah salah satu game mendidik untuk anak yang dapat mengajarkan anak untuk membaca.

Game edukatif untuk anak ini memiliki segudang permainan yang bisa mengajarkan anak membaca, mengenal huruf, dan berbagai hal lain mengenai literasi.

Permainan anak yang mendidik ini memiliki dua versi, yakni yang gratis dan berbayar.

8. Play and Learn Science

Play and Learn Science menjadi salah satu game belajar anak yang mendidik dan bisa diunduh di iOS atau Android. Game pintar untuk anak ini dapat mengajarkan si kecil mengenai sains yang ada di sekelilingnya.

Saat anak memainkan game mendidik untuk anak ini, ada baiknya Anda juga mendampinginya. Hal ini dilakukan agar anak dapat langsung bertanya ketika menemukan hal yang tidak dimengerti di dalam game-nya.

9. Princess Coloring Book & Games

Princess Coloring Book & Games adalah contoh game edukasi anak lengkap yang berisikan banyak permainan dalam satu aplikasi.

Mulai dari menggambar, bermain musik, memecahkan teka-teki, hingga belajar berhitung. Game edukasi anak ini hampir memiliki semuanya.

Terlebih lagi, Princess Coloring Book & Games memiliki tampilan yang mudah digunakan oleh anak sehingga tidak kebingungan saat memainkannya.

Game untuk anak 3 tahun ke atas ini dapat Anda unduh gratis, baik di Google Play Store atau Apple App Store.

10. PBS Kids Games

PBS Kids Games merupakan contoh game edukasi anak all in 1 yang menawarkan segudang jenis permainan seru dan mendidik. Anak dapat memilih karakter-karakter kartun yang lucu di dalamnya.

Game interaktif online ini tidak hanya mengajarkan anak tentang berhitung atau membaca saja, tapi juga memperkenalkan anak tentang tata surya, budaya, lingkungan, dan bahkan pemerintahan.

Game untuk anak 2 tahun ke atas ini tersedia di Apple App Store dan Google Play Store. Kabar baiknya, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk memiliki game ini.

11. Game Anak Sholeh

no caption
Game Anak Sholeh

Ingin mengunduh game edukasi anak muslim yang gratis di smartphone? Game Anak Sholeh dapat menjadi salah satu pilihannya.

Aplikasi permainan anak ini mendapatkan penilaian yang cukup baik di Google Play Store. Selain mengajarkan huruf hijaiyah, Game Anak Sholeh juga menyediakan tata cara salat, cara wudhu, kisah-kisah nabi, doa untuk anak, dan lain-lain.

Game edukasi online ini juga dilengkapi dengan visual menarik dalam menggambarkan kisah-kisah nabi sehingga anak tidak bosan mendengar dan memperhatikannya.

12. Animal Jam