6 Desember 2022

Dimensi.id-Sering seseorang bingung, pusing dan bahkan tidak jarang putus asa saat menghadapi banyak masalah. Ada yang marah-marah, jengkel dan bahkan memutuskan bunuh diri saat dihadapkan pada masalah berat yang sulit untuk diselesaikan. Tidak usah stress gaes, karena masalah bisa jadi adalah ujian bagi kita agar bisa naik tingkat. Kamu akan menjadi lebih baik, bijak dan hebat, karena kamu berani menghadapinya dan berusaha untuk menyelesaikannya. Setiap masalah yang menghampiri hidupmu bisa jadi kesempatan bagimu untuk melatih potensi diri agar kamu tumbuh menjadi sosok yang hebat dan kuat.

Jika kamu suka menulis, masalah bisa juga menjadi sumber ide yang bisa ditulis, kemudian dibagi agar bisa menjadi sumber inspirasi bagi yang lain untuk menjadi lebih baik. Jadi tidak usah bingung dan stress gaes, tapi hadapi semua masalah dengan kepala dingin agar kamu bisa menyelesaikannya dengan solusi terbaik. Tidak perlu emosi atau marah-marah karena itu tidak menyelesaikan masalahmu, sementara kalau kita bersyukur, masalah bisa jadi mendorong kamu terus berkarya dengan menghasilkan buah pikiran lewat tulisan yang tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri tapi juga membantu orang lain memecahkan masalahnya.

Gaes, masalah bisa jadi ide menarik untuk ditulis. Mengalirkan semua masalah dengan cara menulis adalah cara aman untuk meringankan beban masalah, yang mungkin terasa berat jika hanya kita pikirkan dan simpan dalam hati. Membagi masalah dengan orang lain belum tentu dapat solusinya, tapi bahkan bisa menambah masalah baru. Menuliskan semua masalah akan lebih memudahkan kita untuk menemukan solusi tepat dan tulisan kita juga bisa jadi menjadi ladang pahala saat orang terinspirasi dan mau berubah menjadi lebih baik setelah membaca tulisan kita. Teruslah berkarya meskipun masalah tidak berhenti mendera hidup kita. Bersyukur dengan masalah kita, insyaallah, nikmat hidup terus bertambah dan masalah berubah menjadi sesuatu yang berharga dan membawa kebaikan dalam hidup kita. Tidak perlu berkeluh kesah meskipun dalam masalah. Jadikan masalah hiasan kehidupan yang membuat hidup ini terasa indah dan berharga untuk dilewatkan begitu saja. Semua akan menjadi cerita dan semua kisah hidup akan kurang menarik tanpa ada masalah.

Saat dihadapkan pada masalah, tidak usah menghindar atau lari darinya. Semua harus diselesaikan satu per satu dengan Islam karena Islam adalah solusi fundamental untuk seluruh masalah kehidupan. Jika datang masalah menghampiri hidupmu harus segera diselesaikan jika tidak akan datang yang baru. Masalah menumpuk yang dibiarkan akan menjadi semakin berat untuk diselesaikan. Jika kita mampu menyelesaikan satu masalah, akan lebih mudah menyelesaikan masalah yang lain. Tidak perlu takut, semua itu adalah ujian bagi kita agar kita naik kelas, dan ingatlah bahwa Allah Yang Maha pengasih dan Penyayang tidak akan membebani hambaNya diluar batas kemampuannya. Jika kita sungguh-sungguh menyelesaikannya, semua masalah pasti ada solusinya. Semuanya harus dihadapi dan diselesaikan dengan kepala dingin dan hati yang jernih, insyaallah semua berakhir indah.

Gaes, semua orang punya masalah. Berfikir positif agar masalah mudah diselesaikan dengan solusi terbaik. Jangan berprasangka bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi. Berfikir positif akan mengalirkan energi positif yang membuat kita kuat melangkah untuk menghadapi segala sesuatu dalam hidup. Yakinlah, semua akan berakhir dengan indah. Masalah akan terselesaikan dengan solusi terbaik dan menjadi pelajaran bagi kita dalam hidup saat menghadapi masalah baru dikemudian hari.

Masalah juga bisa membuat kita ingat dan lebih dekat dengan al-khalik. Jurhat ditengah malam saat semua orang masuk dalam peraduan bersama mimpinya, adalah waktu tepat untuk dekat dengan Allah SWT. Menceritakan semua permasalahan membuat hati menjadi tenang, dan berserah diri kepadaNya membuat jiwa lebih kuat menghadapi masalah. Semua akan terasa mudah jika kita serahkan hidup dan mati kita kepadaNya dan berharap solusi terbaik dari Yang Maha Pengasih dan Penyayang.

Gaes, tidak perlu berkeluh kesah dengan masalah tapi bersyukurlah dan yakinlah ada jalan keluarnya. Jadikan Sabar dan sholat solusi Islami agar bisa keluar dari masalah. Allah bersama dengan orang-orang yang sabar yang selalu berharap rahmatNya dengan terus menjalankan kewajiban sebagai seorang muslim sejati. Orang hidup tidak bisa lepas dari masalah. Jadi gak usah gundah, dan takut menghadapinya. Bahkan, dengan masalah kita bisa menjadi kuat, bijak dan hebat. Gaes, bersyukurlah dengan masalah, karena semua itu akan membuatmu menjadi lebih. Belajar dari masalah membuat jiwa berubah menjadi lebih baik.

Tetap bersyukur meskipun dalam masalah, karena dengan bersyukur dunia terasa indah, masalah menjadi mudah. Dari masalah, pelajaran hidup didapat yang menjadikan diri berubah menjadi lebih baik. Semua kebaikan akan kita rasakan dengan syukur, sehingga nikmat terus bertambah meskipun hidup dengan banyak masalah. Berhenti bersyukur membuat hidup terasa sulit, adzab pedih datang karena masalah bertambah membelit hidup dan terbesit rasa putus asa dan Ingin mengakhiri hidup. Padahal bersyukur membuat hidup semakin berwarna. Masalah adalah hiasan yang menambah kisah hidup semakin indah dan menarik untuk diceritakan. Jadi kenapa tidak kita hadapi masalah dengan rasa syukur? (ME)

Apa pendapatmu?

This site uses User Verification plugin to reduce spam. See how your comment data is processed.