6 Desember 2022

Dimensi.id-Al-Qur’an adalah Kalamullah, Perkataan Allah SWT., Pencipta langit dan bumi serta apa saja yang ada diantara keduanya. Sungguh, Al-Qur’an adalah kitab mulia, bersamanya kita akan menjadi mulia. Tidak ada sedikitpun keraguan didalamnya petunjuk bagi orang-orang bertaqwa. Bulan Ramadhan, bulan mulia karena pada bulan itu al-Qur’an diturunkan ke bumi dan didalamnya ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan, malam Lailatul Qodar. Satu malam yang mana al-Qur’an diturunkan ke Bumi.

Jika demikian, kita pun akan menjadi mulia saat sering berinteraksi dengan al-Qur’an, dan menjadikannya petunjuk serta pembeda antara yang Haq dan yang bathil. Semakin sering kita mendengarkan, membaca dan mencoba memahami kandungan al-Qur’an akan membuat hati menjadi tenang, membersihkan pemahaman kita dari pemikiran-pemikiran yang kotor dan bathil karena bertentangan dengan kebenaran hakiki yang terkandung didalamnya. Tidak usah ragu untuk datang mendekatinya, membacanya dan memahaminya agar kita selalu tertunjuki ke jalan yang lurus, jalan orang-orang yang telah diberi nikmat, bukan mereka yang dimurkai dan tidak pula mereka yang tersesat. Penggalan ayat yang selalu kita baca dalam sholat kita dan menjadi harapan kita yang terus kita panjatkan agar kita bisa mulia menjadi orang-orang yang bertaqwa.

Mengatur hidup ini dengan al-Qur’an adalah pilihan benar yang harus kita lakukan. Jangan ikuti langkah-langkah syaitan yang menyesatkan. Hawa nafsu dan juga apa kata orang jangan dijadikan landasan berfikir dan standar kebenaran. Jangan hanya berfikir untuk nilai manfaat dan pengakuan manusia. Mencari ridho Allah, itulah jalan lurus yang bisa mengantarkan kita ke surgaNya. Buang jauh-jauh penyakit hati, riya’, berbuat baik karena ingin dilihat manusia. Keikhlasan dalam setiap langkah, adalah syarat diterimanya setiap amalan.

Banyak kebaikan akan kita rasakan jika kita sering berinteraksi dengan al-Qur’an. Menjadi sebaik-baik makhluk karena menjadikan Al-Qur’an sebagai petunjuk. Beriman dan berbuat banyak kebaikan agar hidup beruntung, tidak merugi. Membaca saja berpahala, apalagi memahami apa yang terkandung didalamnya. kemudian, mengatur hidup ini dengan apa dipahami yang bersumber dari al-Qur’an Tidak ragu melangkah dalam hidup, sehingga lebih mantab untuk meraih nikmat tertinggi. Kebahagiaan hakiki terasa saat kita mampu memilih jalan yang lurus.

Sungguh beruntung jika setiap hari kita bisa membaca, memahami dan mengulang-ulang sampai menjadi hafalan yang mengkristal dalam pemahaman kita. Perlahan dan terus berusaha meningkatkan pemahaman kita tentang al-Qur’an, menyimpan ayat demi ayat dalam ingatan kita sehingga diakhir hayat, kita sudah bisa menjadi penghafal al-Qur’an. Alangkah indahnya hidup ini jika bisa menjadi penghafal al-Qur’an saat kematian datang menjemput. Sebuah cita-cita besar yang harus kita wujudkan agar kebahagian dapat dirasakan. Berdasarkan hadits riwayat Bukhari, dari Ustman, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sebaik-baiknya manusia di antara kamu adalah yang mempelajari al-Quran dan mengamalkannya.”

Siapa yang tidak ingin menjadi sebaik-baik manusia. Dengan usaha keras, insyaallah kita bisa mewujudkannya. Tidak usah berputus asa, jika sekarang belum bisa. Tidak ada kata terlambat, meskipun kita sudah tua. Yang terpenting usaha kita saat ini agar bisa menjadi sebaik-baik manusia harus terus dilakukan dengan usaha terbaik. Terus berinteraksi dengan al-Qur’an, mempelajarinya dan menerapkannya dalam kehidupan nyata.

Bersama al-Qur’an kita akan menjadi mulia, oleh karena itu jangan jauh dari dia pada setiap waktu. Munculkan rasa senang dan cinta bersama al-Qur’an, sehingga kita tidak merasa bosan untuk membacanya dan tidak pula merasa berat untuk menghafalkannya. Hiasi waktu kita dengan lantunan bacaan al-Qur’an sehingga hidup terasa indah. Kebahagiaan hakiki akan kita rasakan seiring bertambahnya pemahaman kita tentang al-Qur’an, dan kerelaan kita untuk menerapkannya dalam kehidupan nyata

Untuk apa rumah megah, mobil mewah dan harta melimpah jika hati tidak bahagia karena jauh dari al-Qur’an. Untuk apa jabatan tinggi, tapi hidup resah dan gelisah, dan untuk apa pula viral dan terkenal jika tidak merasa tenang. Dengan al-Qur’an, kita akan merasa tenang, tentram dan bahagia. Al-Qur’an juga bisa menjadi obat penyakit hati. Demi al-Qur’an yang penuh hikmah, yang berisi pelajar hidup dan solusi semua masalah, kita harus selalu bersamanya agar kita merasakan kebahagiaan dan bisa menempuh jalan yang lurus dalam hidup. (ME)

Apa pendapatmu?

This site uses User Verification plugin to reduce spam. See how your comment data is processed.