6 Desember 2022

Dimensi.id-Tidak kerasa beberapa hari lagi Puasa akan segera berakhir dan Umat Islam akan segera merayakan Hari Raya Idul Fitri. Ini merupakan tahun ketiga lebaran disaat pandemi masih berlangsung.

Setelah menjalani satu bulan penuh puasa. Umat Islam akan melaksanakan Shalat Idul Fitri dan biasanya akan berkumpul bersama keluarga besar di hari lebaran. Namun, tahun ini kita terpaksa harus kembali menunda merayakan lebaran dengan bertemu langsung bersama keluarga besar seiring adanya larangan mudik untuk menekan laju penyebaran Covid-19. Jangan bersedih hati, kamu tetap bisa menikmati keseruan lebaran cita meski masih di masa pandemi.

Tips Bikin Lebaran Di Rumah Aja Jadi Makin Seru

Meskipun begitu, bukan berarti kamu tak bisa melakukan apapun lho. Kamu tetap bisa melakukan kebiasaan menjelang dan saat lebaran tiba meski dalam kondisi yang terbatas. Berikut tips-tips yang bisa kamu coba lakukan untuk merayakan lebaran di masa pandemi:

1. Mendekorasi Ruangan

Sebagian keluarga memiliki kebiasaan untuk membersihkan rumah menjelang lebaran. Hal ini tetap bisa dilakukan meskipun kamu tak open house untuk orang lain. Membersihkan setiap sudut rumah tentu akan memberikan efek yang berbeda setelahnya. Akan ada rasa nyaman dan senang melihat rumah dalam keadaan bersih.

Selain membersihkan rumah, kamu juga bisa menata ulang salah satu ruangan untuk dipakai berkumpul bersama keluarga kecilmu. Jika kamu belum berkeluarga, tak ada salahnya juga kamu mendekorasi salah satu ruangan untuk dinikmati oleh dirimu sendiri. Kamu bisa sekadar mengubah posisi tata letak barang, menambah sentuhan ornamen atau hiasan kecil di sudut ruangan, menaruh tanaman, atau bahkan mengecat ulang tembok ruangan. Dekorasi ruangan yang baru tentu bisa menghadirkan keceriaan dan semangat baru bagi yang melihatnya.

2. Memasak Hidangan Lebaran

Walaupun tak bisa berkumpul bersama keluarga besar, kamu tetap bisa menghadirkan menu-menu makanan khas lebaran seperti ketupat, opor ayam, rendang, serta kue-kue kering lainnya. Hal ini agar perayaan lebaran kamu tetap terasa semarak meskipun tak bisa bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat lainnya. Sementara itu, bagi kamu yang tinggal sendiri kamu dan merasa kerepotan untuk memasak, maka kamu bisa mencoba melihat-lihat katering yang menawarkan menu lebaran. Biasanya banyak yang menawarkan paket ketupat lengkap dengan opor dan lauk khas lebaran lainnya. Jadi, meskipun sendiri suasana lebaran tetap bisa dirasakan.

3. Belanja Online

Bagi kamu yang memang senang berbelanja untuk kebutuhan lebaran, masa pandemi tak menjadi halangan kamu untuk tidak berbelanja. Untuk menghindari kerumunan di pusat perbelanjaan menjelang lebaran, berbelanja online bisa menjadi pilihan kamu menyiapkan hal-hal yang diperlukan saat merayakan lebaran di masa pandemi ini lho, apalagi biasanya akan ada promo-promo menarik THR atau bingkisan. Untuk kegiatan yang satu ini, masa pandemi juga bukan halangan untuk kamu tetap berbagi dengan orang lainnya lho. Untuk menunjukkan rasa perhatian dan berbagi kebahagiaan kamu bisa mengirimkan hampers atau parcel ke keluarga atau kerabat. Meskipun tak dapat bertemu langsung, hampers atau bingkisan bisa menjadi jembatan rasa rindu yang kamu rasakan kepada orang lainnya tersebut.

Aneka pernak-pernik lebaran, makanan, baju, hingga kue kering bisa menjadi pilihan hampers atau parcel yang kamu kirimkan ke keluarga atau kerabat. Pemberian hampers tak harus barang yang mahal dan mewah, sesuaikan pilihan hampersmu dengan dana yang kamu punya. Dengan demikian kamu tetap bisa berbagi keceriaan dengan orang-orang yang kamu sayangi meski tanpa tatap muka secara langsung dengan para olshop. Tapi, tetap ingat untuk bisa menahan diri jangan selalu menuruti lapar mata saat berbelanja. Apalagi menjelang hari raya biasanya banyak toko yang menawarkan potongan harga dan diskon yang menarik.

4. Berbagi Parcel dan Hampers Lebaran

Dan Jangan lupa kamu juga masih bisa mengirim parcel ke keluarga dan kerabat kamu lo. Kamu bisa membuat parcel itu sendiri atau membelinya di toko online agar keluarga atau kerabat merasa terkesan meskipun kamu tidak ikut pulang ke kampung

5. Silaturahmi Virtual

Lebaran di masa pandemi juga bukan berarti membuat kamu tak bisa bersilaturahmi dengan keluarga besar dan kerabat. Di era kemajuan digital seperti ini jarak bukan lagi menjadi masalah untuk berkomunikasi. Kamu tetap bisa melakukan silaturahmi secara virtual setelah ataupun sebelum Sholat Idul Fitri. Kamu bisa membuat agenda dan mencocokan jadwal terlebih dahulu agar peserta yang ikut silaturahmi virtual juga bisa maksimal.

Sejumlah aplikasi yang bisa kamu coba untuk silaturahmi virtual ini antara lain video call melalui Whatsapp, aplikasi Zoom, Google Meet, dan Skype. Pastikan juga kamu dan para peserta silaturahmi virtual lainnya memiliki sinyal yang bagus dan kuota internet yang mencukupi.

Pada intinya, jangan terlalu lama bersedih karena tidak bisa mudik di lebaran kali ini karena merayakan lebaran tetap bisa semarak meski di rumah saja. Meskipun tentu rasanya berbeda, tetapi tips-tips di atas bisa kamu coba untuk merayakan lebaran di masa pandemi kali ini.

Apa pendapatmu?

This site uses User Verification plugin to reduce spam. See how your comment data is processed.