6 Desember 2022

Boneka merupakan salah satu mainan anak kecil perempuan dengan berbagai macam bentuk yang dapat membuat anak kecil tertarik. Namun akhir-akhir ini santer terdengar kabar bahwa terdapat boneka arwah atau spirit doll yang banyak diburu oleh beberapa publik figur. Pasalnya keberadaan boneka arwah ini diyakini dapat membawa keberuntungan dan kemakmuran di masa depan bagi pemiliknya. Para pemilik boneka arwah ini meyakini bahwa apabila mereka memperlakukan boneka tersebut layaknya anak sendiri , maka keberuntungan dan kemakmuran akan didapatkannya.

​Pada masa sebelumnya pernah ada seorang publik figur menggunakan boneka sebagai media penghibur dikala membawakan lagu anak-anak, namun faktanya saat ini boneka justru dianggap selayaknya makhluk hidup yang memiliki roh atau nyawa. Hal ini berawal mula dari beberapa pemuka agama Budha mencoba memasukan arwah ke dalam boneka dengan melakukan ritual, kemudian dihebohkan dengan kebiasaan baru publik figur asal Thailand membawa Spirit Doll dimana pun berada. Dengan adanya kebiasaan yang ‘aneh’ dan nyeleneh inilah,  gencar tindakan adopsi Spirit Doll. Tak sedikit mereka merasakan bahwa setelah memiliki Spirit Doll ini kehidupannya semakin beruntung dan membawa ketenangan bagi dirinya. Bagi sosok ‘pembebek’ hal ini merupakan sesuatu yang trend dan patut ditiru tanpa berpikir panjang sedangkan bagi influencer kapitalis mereka memandang kondisi seperti ini merupakan kesempatan baginya untuk  Pansos alias panjat sosial, sebab semakin naik rating sosial medianya maka akan bertambah pula pendapatannya yang  diperolehnya. Lalu bagaimana pandangan  Islam terhadap trend baru ini yang telah mewabah ke beberapa negeri lainnya?

​Menurut kacamata umat Islam, hal ini merupakan sebuah kesyirikan yang menghantarkan umat menuju kesesatan atau kedzoliman. Pasalnya keberadaan Spirit Doll ini tak lain serupa dengan berhala, dimana Spirit Doll ini dipuja-puja bahkan dijadikan sebagai tumpuan untuk berbagai harapannya. Islam melarang keras adanya aktivitas atau perbuatan yang mengarah kepada kemusyrikan seperti halnya perdukunan, ramalan nasib dan sebagainya. Perbuatan semacam ini merupakan perbuatan menyekutukan Allah SWT. Selain itu, Islam mengajarkan agar umat Islam menghindari perbuatan syirik, sebagaimana dalam Firman Allah SWT, “Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun.” (Q.S. An-Nisa’: 36). Perbuatan Syirik merupakan sebuah dosa besar, sehingga kita sebagai umat hendaklah tidak melakukan perbuatan ini, sebagaimana disebutkan dalam Firman Allah SWT,“Sesungguhnya Allah SWT tidak akan mengampunkan dosa syirik mempersekutukan-Nya (dengan sesuatu apa jua), dan akan mengampunkan dosa yang lain dari itu bagi sesiapa yang dikehendakiNya (menurut aturan Syariat-Nya) dan sesiapa yang mempersekutukan Allah SWT (dengan sesuatu yang lain), maka sesungguhnya ia telah melakukan dosa yang besar.”(Qs. an-Nisa: 48). Sebagai umat Islam hendaklah kita berlindung dan berdoalah hanya kepada Allah, karena rahmat dan bencana itu datang dan perginya dalam kendali Allah SWT.

​Dari penjelasan fakta yang tengah viral tersebut, maka nampak semakin jelas bahwa di negeri ini tidak ada regulasi yang tegas dalam menanggulanginya. Kehidupan urusan beragama di pandang sebagai urusan individual dan negara memberikan kebebasan sepenuhnya kepada umat untuk hal itu. Wajar saja jika potret kehidupan saat ini sangatlah kacau balau disebabkan karena ketiadaannya regulasi yang memiliki sanksi tegas untuk diterapkan di kehidupan masyarakat. Akidah umat semakin tergerus dengan fenomena-fenomena yang tersebar disekitarnya. Oleh sebab itu, mari kita berupaya dengan sungguh-sungguh untuk menegakan hukum Allah secara kaffah dan menyeluruh untuk menghentikan pengaruh buruk yang dapat merusak akidah dan perilaku umat Islam pada umumnya. Hanya syari’at Islam-lah satu-satunya regulasi yang menjaga aqidah umat dan mempunyai sanksi tegas bagi pelaku terindikasi melakukan penyimpangan-penyimpangan serta melanggar syari’at Islam.

Wallahu’alam biashowab.

 

Penulis:  Tita

 

Apa pendapatmu?

This site uses User Verification plugin to reduce spam. See how your comment data is processed.