7 Desember 2022

Dimensi.id-Langkah terasa berat untuk melakukan kebaikan yang dikaitkan dengan Islam adalah indikator bahwa hati kita sedang tidak sehat. Mau sholat rasanya malas, tidak senang mendengar nasehat yang mengajak pada kebenaran Islam. Artinya hati kita tidak sedang baik-baik saja. Apalagi, mereka yang sudah berani meninggalkan kewajiban tanpa merasa berdosa menunjukkan hatinya sedang sakit. Seperti yang dijelaskan dalam lagu Tombo ati, jika kamu merasakan gejala enggan melakukan kebaikan berarti hatimu sudah mulai mengeras dan sakit, segera lakukan 5 hal ini sebagai obat agar hatimu segera sehat, sehingga langkahmu akan terasa ringan untuk menjalankan ibadah dan semua perintah Allah SWT.

Pertama, perbanyak membaca al-Qur’an dan merenungkan isi yang terkandung disetiap ayatnya. Insyaallah kamu akan merasa tenang dan hati terasa tentram. Banyak pelajaran hidup yang bisa kita dapatkan dari kitab yang Mulia ini yang mengandung kebenaran hakiki tanpa sedikitpun keraguan didalamnya. Dengan memahami maknanya dan memikirkan setiap kandungan ayatnya, hati menjadi tentram dan pemikiranpun menjadi tenang. Al-Qur’an adalah firman Allah dan jika kita membacanya tidak hanya berpahala, tapi bisa menghilangkan berbagai penyakit hati. Semakin sering kita membacanya, hati menjadi sehat, sehingga mudah untuk berbuat kebaikan dan enggan untuk bermaksiat, menjauhi semua hal yang dilarang dalam ajaran Islam. Namun, saat kita sudah mulai enggan untuk berinteraksi dengan al-Qur’an, artinya hati kita tidak sedang baik. Membaca al-Qur’an harus setiap hari agar hati kita terus terjaga dan tertunjuki pada kebenaran hakiki, Islam. Bila perlu dihafalkan, sehingga kapanpun dan dimanapun ditengah kesibukan kita, saat hati sudah mulai enggan membaca al-Qur’an, segeralah untuk membacanya, dan memamahai apa yang terkandung didalamnya. Daripada mendengarkan musik dengan lagu yang isinya tidak Islami lebih baik mendengarkan murotal, lantunan ayat-ayat al-Qur’an dan mencoba dengan kemampuan maksimal untuk memahami makna yang terkandung didalamnya.

Kedua, sholat malam dirikanlah. Lakukan sholat malam secara Istiqomah agar hatimu menjadi sehat. Sholat malam memiliki keutamaan bagi yang mengerjakannya di setiap malam. Dia akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT ke tempat yang baik dan mulia. Sholat malam adalah waktu yang paling tepat untuk berkomunikasi dengan Sang Pemilik Hidup dengan mencurahkan segala isi hati agar tidak menjadi beban dalam hidup dan hati menjadi peka terhadap peringatanNya. Keutamaan sholat tahajud yang pertama yakni orang yang melaksanakannya akan diberikan tempat terpuji dan mulia di sisi Allah SWT. Inilah janji Allah SWT yang akan mengangkat umat-Nya ke tempat puji-puji, bagi yang menunaikan sholat tahajud dengan tekun dan ikhlas hanya mengharapkan ridha Ilahi.

Ketiga, berkumpul dengan orang-orang sholih dan ahli ibadah, bukan berteman dengan ahli maksiat. Contohnya, Bersama komunitas pengajian di masjid yang suka mengkaji Islam, kita bisa saling mengingatkan pada kebenaran Islam. Saat hati mulai lemah dan lelah untuk beribadah, kita bisa saling mengungatkan agar tidak tergelincir pada kemaksiatan, perbuatan yang melanggar syariat Allah. Teman akan memberikan pengaruh pada diri kita. Jika teman kita baik, kitapun akan terdorong untuk berbuat kebaikan yang akan terus menjaga hati menjadi sehat. Dan sebaliknya teman yang buruk akan mengajak kita pada perbuatan dosa yang hanya mengotori hati sehingga perlahan menjadi sakit.

Ketiga, perbanyaklah puasa dengan menahan lapar dan dahaga bisa membuat hati yang keras menjadi lembut dan peka, sehingga mampu menerima kebenaran hakiki. Saat perut terlalu kenyang, badan menjadi malas dan mudah mengikuti nafsu, bisikan syaitan yang terkutuk. Puasa sunah bisa menjadi obat bagi hati yang sudah mulai mengeras karena dosa-dosa. “Kemudian setelah itu hatimu menjadi keras, sehingga (hatimu) seperti batu, bahkan lebih keras.” (QS.Al-Baqarah:74).

Kelima, Perbanyaklah berdzikir terutama di waktu malam untuk mengingat Allah sehingga hati kita akan selalu tertaut kepadaNya. Kesadaran hubungan dengan Tuhan semakin kuat sehingga kita bisa terhindar dari perbuatan dosa yang bisa membuat hati kotor dan sakit. Kesadaran hubungan dengan Allah SWT. juga akan menjaga hati agar selalu tertunjuki ke jalan yang lurus, orang-orang yang telah diberi nikmat, bukan mereka yang dapat murka Allah bukan pula yang tersesat. “Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. Dan orang yang melewati malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.” (QS. Al-Furqan: 63-64). Kalimat thoiyibah yang selalu terucap bisa menjaga hati tetap sehat, terutama jika diucapkan pada malam hari saat semua orang terlelap dalam tidur mereka, dalam keheningan dan kesunyian malam.

Semoga 5 tips diatas mampu menjaga hati kita tetap sehat jika dilakukan secara Istiqomah. Jika ada indikasi hati mulai sakit, bersegeralah untuk melakukan 5 tips diatas, agar kita tetap bersemangat dalam beribadah, menjalankan semua perintah Allah, sehingga hidup kita menjadi indah dan berkah seiring bertambahnya kedekatan kita kepadaNya dan meningkatnya ketaqwaan kita dalam hidup ini.(ME)

Apa pendapatmu?

This site uses User Verification plugin to reduce spam. See how your comment data is processed.