7 Desember 2022
gambar kopi latte

Dimensi.id-Siapa pecinta kopi yang tak mengenal istilah Latte? Caffe latte adalah kopi susu yang memiliki lapisan busa tipis di permukaan atas kopinya. Caffe latte sendiri memiliki arti kopi susu, yang membedakan adalah lapisannya tadi yang memiliki ciri khas tersendiri untuk kopi jenis latte ini.

Cara membuat kopi susu yang enak memiliki komposisi dalam caffe latte memiliki perbandingan antara kopi dan susu 1:2. Bahkan dalam pembuatannya, caffe latte bisa di buat menjadi perbandingan 1:3 dengan kopi dan susuny, sehingga lebih terasa susunya dibandingkan dengan rasa kopinya. Pada awal mulanya pun terjadi koplain karena rasa dari cappuccino tradisional sangat tajam dan banyak pelanggan yang meminta dibanyakkan susunya agar rasa kopinya tidak terlalu pekat di lidah.

Lama kelamaan minuman kopi ini menjadi cappuccino yang takaran susunya lebih banyak dan di namakan Caffe Latte. Pada awalnya pun Caffe Latte disajikan dalam mangkuk, berkembang di dalam gelas bir, dan sekarang disajikan dalam cangkir.

Sekarang akan membahas mengenai cara membuat kopi susu yang enak dengan konsep latte. Namun Caffe Latte ini bisa dihidangkan dalam dua kondisi, yaitu panas dan dingin dan cara serta bahan pembuatannya juga berbeda. Untuk yang pertama, bahan pembuatan caffe latte panas yaitu kopi instan, susu cair panas, krim kental dan gula pasir.

Pembuatannya larutkan kopi instan sebanyak 6 sendok makan dengan sedikit susu panas sekitar 250 ml terlebih dahulu, lalu bila sudah larut masukkan 750 ml lagi dan aduk rata. Kocok 250 ml krim kental dengan 100 gr gula pasir hingga lembut agak kaku. Tuangkan kopi hangat ke dalam cangkir dan beri krim kental yang sudah dibuat secukupnya. Silahkan di nikmati selama masih hangat.

Adapun cara membuat kopi susu yang enak tampilan latte dengan disajikan sensasi dingin. Di dalam daftar bahan hanya di tambahkan es batu, coklat keping yang dipotong tipis, dan coklat bubuk untuk di taburi. Untuk susu tetap menggunakan susu hangat sebanyak 300 hingga 400 ml dengan kopi instan sebanyak dua sendok makan. Cara pembuatannya kopi instan dilarutkan dalam susu dan tunggu hingga dingin.

Masukkan krim kental, gula, dan es batu ke blender, setelah selesai di blender, masukkan lagi kopi susu dan coklat keping ke blender dan blender lagi hingga berbuih. Bila sudah sajikan minuman di dalam gelas dan taburi coklat bubuk di atasnya sesuai selera. [TA]

Apa pendapatmu?

This site uses User Verification plugin to reduce spam. See how your comment data is processed.