5 Oktober 2022

Penulis : Dr Toreni Yurista

Dimensi.id-Bansos untuk warga terdampak corona di Kota Bogor ditengarai terkena pungutan liar oleh oknum RT/RW. Salah satu modusnya adalah memotong Rp100.000,00 untuk setiap warga yang mendapat bansos. Setidaknya ada delapan kasus pungli yang saat ini ditangani satgas pungli kota Bogor (radarbogor.co.id, 05/05 2020). 

Pungli dalam Islam sangat dicela. Islam mengharamkan seseorang menerima ghulul. Ghulul adalah hadiah (gratifikasi) yang diberikan rakyat karena penerima ghulul mempunyai wewenang atau jabatan tertentu. Menerima saja sudah tidak boleh, apalagi meminta!

Apa yang terjadi di tengah-tengah penguasa kita hari ini menunjukkan bahwa perilaku ghulul tidak hanya menyerang elit penguasa tapi juga sudah sampai tataran terkecil perangkat desa. Hal ini sesungguhnya mengindikasikan betapa rusaknya sistem bernegara kita.

Jika negara diibaratkan sebagai sebuah gedung, seluruh dindingnya sudah goyang. Atapnya roboh, pondasinya lemah. Mempertahankan gedung yang seperti ini hanya akan membahayakan penghuninya.

Rakyat sudah sangat jengah hidup dalam naungan sistem sekuler yang nyata-nyata menyengsarakan. Negeri ini butuh sistem bernegara yang amanah, bebas dari penipuan dan pemalakan.

Islam, sepanjang sejarah sejatinya tak hanya berfungsi sebagai sebuah agama, melainkan juga sebagai sistem bernegara. Di masa-masa penerapannya, Islam memiliki sekumpulan peraturan yang menyebabkan orang enggan berbuat curang dan khianat. Tak hanya karena keshalihan individu, tetapi juga karena ketegasan sistem sanksi dalam Islam.

Oleh karena itu, penerapan Islam dalam bingkai Khilafah sudah selayaknya menjadi alternatif sistem bernegara. Jangan alergi dengan Khilafah karena menganggap Khilafah hanya milik umat Islam.  Sebagai agama rahmatan lil alamin, Khilafah juga akan memberi rahmat kepada pemeluk agama-agama lain.

Buktinya, selama 13 abad berkuasa, umat Islam di bawah naungan Khilafah mampu hidup berdampingan dengan umat Yahudi, Nasrani, dan agama lain. Granada adalah contoh terbaik bagaimana umat tiga agama mampu melebur dalam kesatuan pemerintahan Khilafah Islamiyah. Mudah-mudahan tegaknya Khilafah mampu memberi rahmat bagi bangsa ini.

Editor : Fadli

Apa pendapatmu?

This site uses User Verification plugin to reduce spam. See how your comment data is processed.
%d blogger menyukai ini: