30 September 2022

Penulis : Mochamad Efendi

Dampak pandemi begitu luar biasa bahkan Amerika adalah negara yang paling terdampak dan juga negara Eropa barat lainnya. Negara adi kuasa tidak berdaya menghadapi tentara langit yang super kecil, virus corona. Pandemi covid -19 juga menunjukkan bahwa kapitalis dan sosialis tidak mampu memberikan solusi tuntas untuk menghentikan pandemi. 

Secara global,  Kesadaran umat mulai menyadari kerusakan sistem kapitalis maupun sosialis bukan solusi tepat untuk mengatasi pandemi. Islam mulai dilirik oleh umat sebagai alternatif solusi yang bisa menghentikan pandemi dan menyelesaikan permasalan di masa pandemi.  

Mulai dari adzan dan juga lockdown sebagai solusi Islami yang akan mampu menghentikan penyebaran dari keganasan virus corona.  Setidaknya umat mulai menyadari bahwa Islam adalah solusi tepat untuk mengatasi pandemi covid-19,  bukan solusi bingung yang lebih mementingkan ekonomi daripada nyawa rakyatnya.

Umat mulai meragukan solusi kapitalis atau sosialis yang tidak berpihak pada rakyat tapi lebih mengutamakan kepentingan pengusaha yang sudah membeli kekuasaan dengan uang mereka.  Semakin nyata borok-borok penguasa yang tidak berpihak pada rakyatnya.

Ini adalah kesempatan emas yang tidak datang dua kali untuk bisa membangun kesadaran umat secara global agar menuntut satu perubahan hakiki dengan Islam. 

Bukan perubahan kaleng-kaleng dengan mengganti rezim yang sedang berkuasa yang tidak terbukti memberikan perubahan yang sebenarnya ke arah yang lebih baik,  bahkan lebih buruk karena penguasa dzalim meninggalkan Islam dan juga memusuhi Islam.

Tapi sayang tidak semua umat menyadari pentingnya perubahan hakiki dengan Islam dan saatnya meninggalkan sistem rusak demokrasi kapitalisme maupun sosialisme yang tidak berpihak pada rakyat.

Lemahnya hegemoni asing terhadap negeri-negeri Muslim adalah kesempatan emas yang tidak datang kedua kalinya.  Mungkin inilah hikmah dibalik pandemi covid-19. Umat Islam harus bisa mengambil pelajaran dan bangkit untuk melakukan perubahan hakiki.

Umat Islam harus mengambil peran penting untuk membangun peradaban baru dengan Islam yang tentunya membawa kebaikan bagi seluruh umat manusia di muka bumi karena Islam berasal dari Yang Maha Sempurna dan Maha Tahu atas aturan terbaik untuk makhlukNya.  Saatnya setelah pandemi ini,  Islam harus memimpin dunia dan cahaya Islam bisa dirasakan seluruh alam semesta.

Bagaimana meningkatkan kesadaran umat agar tidak silau dengan perhiasan dunia yang menipu dan menuntut perubahan hakiki dengan penerapan Islam secara kaffah agar kehidupan Islami bisa terwujud?

Pertama,  diskusi online dengan mengundang para tokoh yang memiliki kapasitas dengan keilmuaannya dan pengaruhnya ditengah-tengah umat.  Mereka yang bisa diajak berfikir kritis tentang fakta kebobrokan sistem saat ini, kemudian menjadikan Islam sebagai solusi fundamental untuk semua masalah kehidupan.  Ditengah pandemi covid-19,  diskusi online marak dilakukan sehingga ini akan lebih mempercepat tumbuhnya kesadaran umat lebih meluas karena jangkauannya tidak dibatasi ruang dan waktu. 

Bahkan pesertanya bisa menembus batasan nation state yang selama ini sudah mengkotak-kotak dan mengerat umat menjadi remah-remah yang lemah tidak berdaya dibawah hegemoni kafir barat.  Saatnyalah sekarang membangun kesedaran umat secara global terutama di negeri-negeri Muslim yang akan mendorong perubahan di negeri mereka.  

Para tokoh yang cerdas dan masih jernih dalam berfikir akan mampu melihat kebenaran yang hakiki. Mereka juga punya kapasitas untuk mempengaruhi penguasa di negeri muslim agar tidak hanya menjadi objek atau jongos negeri-negeri penjajah kafir barat yang selama ini sudah mengeruk potensi kekayaan alam negeri muslim yang luar biasa. 

Saatnya Islam memimpin dunia karena potensi itu ada,  hanya keinginan untuk merdeka dan menjadi subjek yang akan membawa dunia pada perubahan hakiki ke arah peradapan Islam.

kedua,  membangun opini lewat tulisan yang selalu mengkaitkan dengan Islam sebagai solusi fundametal dan menunjukkan fakta bahwa kerusakan ideologi kapitalisme dan sosialisme yang tidak mampu menyelesaikan masalah ditengah pandemi. Hanya Islam solusi tepat dan baik untuk semua orang.  Banyak konspirasi jahat yang mengorbankan rakyat yang harus dibongkar dengan bahasa sederhana yang dipahami oleh umat. Kesadaran umat adalah faktor penting untuk mendorong dan menggulirkan satu perubahan yang sangat dibutuhkan umat.  

Terakhir, setelah usaha maksimal untuk menyadarkan umat selebihnya kita serahkan semua urusan pada Allah.  Yakinlah,  perubahan hakiki dengan Islam pastilah terwujud dan khilafah akan tegak di muka bumi ini karena itu adalah janji Allah.  

Tanda-tanda kebangkitan itu mulai nampak dengan banyak umat mulai simpati dengan Islam dan meyakini Islam sebagai solusi tepat untuk menyelesaikan setiap masalah kehidupan. Semoga Allah mempercepat perubahan itu terjadi sehingga kita bisa merasakan kehidupan Islami yang Indah sepanjang tahun. 

Bulan ramadhan yang penuh berkah dan di dalamnya ada malam yang lebih baik dari seribu bulan.  Sungguh,  jika umat memohon sungguh-sungguh di malam itu,  bukan tidak mungkin khilafah akan tegak segera.

Editor : azkabaik

Apa pendapatmu?

This site uses User Verification plugin to reduce spam. See how your comment data is processed.
%d blogger menyukai ini: